Berita

Study Banding RSUD Kertosono ke RS Paru Jember

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kertosono Nganjuk , pada Rabu, tanggal 13 April 2011 melakukan Studi Banding ke RS Paru Jember. Study Banding tersebut dalam rangka Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) di RSUD Kertosono untuk lebih baik lagi.

SIM-RS merupakan Sistem Informasi berbasis komputer yang digunakan sebagai sarana pendukung operasional Rumah Sakit. Aplikasi ini cukup penting sebab dengan SIM-RS pelayanan terhadap pasien dapat lebih ditingkatkan. Melalui SIM-RS, Rumah Sakit dapat melakukan pencatatan Rekam Medik yang terintegrasi, kecepatan dalam pelayanan Administrasi, dan sistem kontrol inventaris. Selain itu, ketepatan fungsi finansial serta pembuatan laporan- laporan, baik keuangan, perawatan dan lainnya secara cepat dan akurat. Dengan demikian, tenaga kesehatan di Rumah Sakit tidak tersedot untuk mengurusi sistem administrasi.

RS Paru Jember telah menerapkan SIM-RS sejak tahun 2005, dan kini telah meliputi Rekam Medik, Sistem Antrian, Billing System, Asset, dan Farmasi Inventory. SIM RS Paru jember juga mendapatkan apresiasi yang baik dari Bpk Supriyantoro Sp.P. MARS. Saat berkunjung ke RS Paru Jember.

RS Paru Jember seringkali dijadikan jujugan Study Banding mengenahi SIM RS ini, mengingat RS Paru merupakan 1 diantara 10 Rumah Sakit di Indonesia yang telah berhasil menerapkan Paperless.