Berita

Berikan Pelayanan Terbaik Dengan Menghadirkan Alat Canggih

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah maju sangat pesat. Belum habis booming HP smart model A, sudah muncul model B yang jauh lebih canggih. Demikian juga teknologi dalam bidang kedokteran. Beberapa puluh tahun yang lalu, foto rontgen dilakukan dengan proses manual yang memakan waktu banyak, harus memakai insting yang kuat untuk pengaturan KV MA yang berbeda untuk masing-masing individu. Saat ini foto rontgen bisa dilakukan dengan teknik canggih serba otomatis, tanpa proses pencucian dan pengeringan. Hasil foto bisa langsung diedit dan diprint, dikirim melalui PACS ke ruang lain di rumah sakit, bahkan dibaca on line dimana pun berada. Sistem ini diikenal dengan Digital Radiology (DR).

USG pun demikian, jika zaman dahulu kita hanya bisa melihat USG berupa gambar putih hitam abu-abu, saat ini telah muncul teknik untuk menilai aliran darah, untuk mendeteksi berbagai macam gangguan pembuluh darah (color doppler), dengan warna merah biru dan orange, dimana kita dapat melihat arah aliran, kecepatan aliran, penyempitan, pengapuran dan berbagai kelainan di pembuluh darah. Teknik 3 dimensi dan 4 dimensi pun lazim dipakai saat ini untuk melihat wajah janin dalam kandungan, melihat jaringan irisan demi irisan seperti CT scan, dan berbagai teknik canggih yang lain.

Pun demikian dengan CT scan, yang saat ini terus berkembang menuju resolusi terbaik dalam menilai berbagai organ, dengan teknik dan prosedur yang canggih, tanpa tindakan yang invasif dan menyakitkan bagi pasien.

RS Paru, yang dari awal telah berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pasien, telah secara bertahap menyediakan berbagai layanan pemeriksaan dengan teknik mutakhir. Untuk memberikan servis yang excellent bagi pasien, RS Paru menyediakan berbagai peralatan canggih dan terbaik. Peralatan yang dimiliki Bagian Radiologi RS Paru saat ini antara lain:
  1. U-Arm dengan DR system U-Arm adalah pesawat rontgen berbentuk U yang bisa diatur untuk setiap posisi pasien. Merk pesawat adalah Villa System Medical tipe G100C RAD dengan No.Seri PD13358L12, yang baru diproduksi pada tahun 2013, dan dipasang di RS Paru Jember pada tahun yang sama, yaitu akhir 2013. Pesawat ini menggunakan DR system, dimana setelah pasien dilakukan expose sinar X-Ray, data langsung tersimpan di sistem, diedit di work station, kemudian dikirim melaui PACS agar dapat dibaca di station lain, antara lain di ruang Dokter Spesialis Radiologi, Poli Umum, Poli TB, UGD, dan Poli Spesialis. Data gambar juga bisa langsung diprint di kertas film, untuk diberikan kepada pasien. Hasil foto dibaca dan langsung dilakukan interpretasi/expertise oleh Dokter Spesialis Radiologi di Ruang Baca Foto Radiologi.


  2. Keistimewaan dalam pelayanan kami di Radiologi RS Paru Jember, pasien tidak usah antri lama menunggu hasil di depan loket radiologi untuk mengambil hasil. Foto beserta hasil expertise-nya akan diantar oleh petugas radiologi ke dokter/ruangan yang meminta (poli atau ruang rawat inap).

    Beberapa jenis pemeriksaan rontgen yang dapat dilayani di Radiologi RS Paru antara lain:
    • Foto toraks / dada
    • Foto abdomen / perut
    • Foto tulang
    • Foto sinus paranasalis (Waters)
    • Foto kepala
    • Dll


  3. Foto Rontgen konvensional Pemeriksaan dengan foto rontgen konvensional dengan pencucian dan pengeringan masih kita sediakan untuk pasien-pasien tertentu yang membutuhkan. Hampir sama dengan UArm, sumber energi juga menggunakan X-Ray, hanya pembuatan dilakukan dengan cara manual di kamar gelap, dicuci dengan menggunakan cairan khusus, kemudian dikeringkan di mesin pengering.

    Mesin rontgen konvensional yang kami miliki merk Toshiba tipe E.7239/Daeyoung dengan No. Seri OD270, produksi tahun 2000, dan mulai digunakan di tahun yang sama.
  4. USG(Ultrasonografi) Alat USG yang ada di Radiologi RS Paru merupakan alat dengan tipe tercanggih saat ini, dengan merk nomer 1 yang ada di Indonesia, dilengkapi dengan teknik 3 dan 4 dimensi. Alat USG kami mempunyai resolusi yang sangat tinggi dan detail, produk dari GE Health Care, dengan tipe Voluson S6. Dengan adanya alat ini, diharapkan pasien mendapatkan pemeriksaan dengan detail dan resolusi yang bagus, sehingga informasi yang dihasilkan benar-benar maksimal dalam menunjang penegakan diagnosis pasien. Semua pasien baik dari rawat jalan maupun rawat inap bisa
  5. mendapatkan pemeriksaan USG oleh Dokter Spesialis Radiologi dengan biaya yang sangat terjangkau. Pemeriksaan yang kami sediakan antara lain:
    • USG abdomen/perut (memeriksa organ intra abdomen antara lain liver, limpa, pancreas, kandung empedu, ginjal, kandung kecing, prostat, rahim, dan berbagai elainannya)
    • USG Thoraks/dada (untuk pasien efusi pleura, guiding FNA)
    • USG leher dan gondok (tiroid, parotis, submandibula, submental, perijuguler, supraclavicula)
    • USG payudara dan axilla (kelenjar ketiak)
    • USG pembuluh darah (vaskuler) perifer
    • USG kandungan/kebidanan dilengkapi dengan teknik 4 Dimensi
  6. PACS (sistem integrasi data dan hasil pemeriksaan radiologi) PACS adalah kepanjangan dari Picture Archiving and Communication System, dimana dengan sistem ini, seluruh gambar yang didapatkan dari rontgen dengan DR, USG, CT Scan, dan pemeriksaan radiologi lainnya, dapat diintegrasikan dalam satu sistem, sehingga kita dapat melihat semua hasil di 1 station komputer dalam ruang baca radiologi. Rumah sakit kami mulai menerapkan sistem ini sejak 2013, namun baru optimal sejak 2014. Semua hasil pemeriksaan dengan DR danUSG, hasil langsung dikirim dan tersimpan distation ruang baca radiologi


Dengan sistem ini kita dapat dengan mudah melihat semua hasil pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya oleh pasien yang sama, dan melihat detail hasil pemeriksaan saat ini, dengan adanya fasilitas zoom, pengaturan kontras, kehalusan gambar, yang ada di dalam sistem. Bahkan untuk rencana ke depan, hasil pemeriksaan rontgen dengan DR di fasilitas bus mobil unit RS Paru yang akan berkeliling ke puskesmaspuskesmas terpencil, juga akan diintegrasikan juga ke sistem PAC ini melalui internet, sehingga dapat dikonsulkan langsung ke Dokter Spesialis Radiologi dan Spesialis Paru yang ada di RS. Semoga semakin hari, Radiologi RS Paru dapat mempersembahkan layanan yang semakin baik dan berkembang, sehingga manfaat yang diterima pasien semakin bagus dan bermutu.