Berita

Ketika Si Kecil Menderita Asma

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia, bahkan termasuk anak-anak. Sebuah survey melaporkan bahwa kurang lebih 7 juta anak-anak di Amerika Serikat saja yang mengidap penyakit jenis ini dan angka ini sepertinya akan terus meningkat di setiap tahunnya. Jika anak Anda didiagnosis enderita penyakit pernapasan jenis ini, Anda harus emastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang benar-benar maksimal. Meskipun penyakit jenis ini tidak bisa disembuhkan, penyakit asma ini masih bisa dikontrol. Pengontrolan asma yang baik akan dapat membuat asma anak Anda tidak sering kambuh.

Sekarang pertanyaan yang muncul adalah “bagaimana Anda tahu bahwa anak Anda terkena asma?” Jawaban dari pertanyaan ini tentu saja adalah dari gejala-gejala yang anak Anda perlihatkan. Gejala asma ini akan berbeda tergantung usia berapa anak Anda sekarang. Jika anak-anak Anda berusia 0 hingga 3 tahun, beberapa gejala asma yang mungkin muncul adalah:
  1. Timbul bunyi saat anak Anda mengelu arkan napasnya
  2. Batuk-batuk yang diikuti dengan kesulitan bernapas
  3. Dada anak Anda terasa sesak
  4. Batuk berkepanjangan, yang tidak disebabkan oleh demam, pilek atau penyakit sejenisnya, di malam hari
  5. Seringkali merasa tidak enak badan
  6. Anak Anda sering terkena pilek yang tidak kunjung sembuh.
Seiring dengan pemberian obat-obatan dari rumah sakit, tindakan pencegahan dengan menghindarkan anak dari faktor pencetus penyakit asma antara lain debu, bulu binatang, suhu udara (dingan), makanan gorengan, bahan pengawet dan pewarna makanan dll. sangat dianju