KESIAPAN PENDANAAN
Dalam sambutannya dr. harsono selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur pada acara Seminar Sehari bertema Wajah Baru Harapan Baru 17 Juli 2016 di Gedung Aula Fakultas Kedokteran UNEJ menyampaikan bahwa Program Wajah Baru Harapan Baru merupakan program kepedulian dan pengabdian masyarakat kepada mereka yang sendang mengalami penyakit Meningocele (hidung besar). Program ini dirintis oleh dr. Arya Sidemen, SE.,MPH (Kepala RS Paru Jember) setelah mengamati adanya diskriminasi dan keterbelakangan mental sosial di mata masyarakat yang belum mendapat perhatian oleh Pemerintah, sehingga melalui program ini Pemerintah Jawa Timur berusaha melakukan terobosan untuk memberikan pelayanan operasi gratis dengan melibatkan bedah syaraf, bedah mata, dan bedah plastik membantu mereka yang sakit meningocele ini.
Program ini secara tegas disampaikan oleh Kadinkes Prov. Jatim akan dijamin melalui anggran jaminan kesehatan khusus yang disiapkan oleh Pemerintah Jawa Timur. Selain itu, penyediaan dan pengembangan SDM Kesehatan baik dokter spesialis maupun perwat-perawat terlatih akan terus disiapkan. Harapannya semua anak bangsa yang menderita penyakit ini khususnya di Jawa Timur bisa mendapatkan bantuan melalui program ini. Melaui program Wajah Baru Harapan Baru berharap dapat membantu mengembalikan semangat hidup dan kesempatan bagi mereka untuk mengejar dan meraih cita-citanya.
Dr. harsono sangat setuju dan bangga terhadap program-program yang dirintis atau dilakukan oleh Jawa Timur terutama pada program-program kemanusiaan yang nilai sangat baik dan membanggakan dan diharapkan bisa memotivasi instansi pelayanan kesehatan lainnya baik di Jawa Timur maupun tingkat nasional. Selain itu, kebanggaaan yang diberikan atas pengembangan-pengembangan yang telah nyata terbukti secara terus menerus ditunjukkan oleh RS Paru Jember
HARAPAN
Dalam sambutannya dr. Harsono selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sangat berharap RS Paru Jember terus berkarya dan berkembang tentunya memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat dalam era modern ini. Dalam pengembangannya RS Paru Jember berhasil menunjukkan ekspansinya dengan adanya 3 Puncak dan pelanyanan unggulan yang saat ini sedang terus dikembangan yakni Pelayanan Paru, Pelayanan Jantung dan Pelayanan Bedah.
Melalui penyediaan dan pengembangan SDM Kesehatan yang sedang disiapkan oleh Pemerintah Jawa Timur, RS Paru Jember akan dijadikan sebagai RS Rujukan Jawa Timur Bagian Timur sebagai upaya peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat daerah Jawa Timur Bagian Timur sehingga tidak terpusat harus ke RS Soetomo (faskes rujukan jawa timur).
Melalui Seminar Wajah Baru Harapan Baru ini juga dijadikan sebagai media penyebaran informasi dan pengenalan RS Paru Jember yang sudah siap mengemban amanah dan melaksanakan program pelayanan spesialistik, materi yang dibahas dalam kegiatan ini meliputi:
Sesi I tentang Penanganan Kelainan Kraniofacial dalam Bidang Bedah Syaraf dan Plastik, Dengan pemateri :
a.    Dr. Wahib W, Sp. An-KNA (Anastesi pada Bedah Syaraf)
b.    Dr. Andre Kusuma, Sp.BS (Penegakan Diagnosa pada Kasus Meningoenchephalokele)
c.    Dr. Wihasto Suryaningtiyas, Sp.BS (terapi operative pada Kasus Meningoenchephalokele)
d.    Dr. Ulfa Elfiah, M.Kes., Sp.BP., RE (Persiapan Rekonstruksi Pasien Kraniofacial Meningocele)
e.    Dr. Cicih, Sp.M (Kelainan Mata pada Craniofacial)
Sesi II tentang Penyulit Tuberkulosis pada bidang Bedah dan Penanganan Hiperbarik, dengan pemateri;
a.    Dr. Arif Rachaman Hakim, Sp. B., Sp.BTKV (kelainan Thorak cardivaskuler pada TB)
b.    Dr. Magda Hutagalung, Sp.BP.,RE.,KKF (Rekonstruksi Kraniofasial Meningocele)
c.    Dr. Hasan., Sp.OT (K) (Penanganan Spondilitis TB
d.    Dr. Septa Surya Wahyudi, Sp.U (Urologi pada pasien TB
e.    Dr. Komang, Sp.S (Terapi Hiperbaric pada Pasien Stroke)
Hasil kesimpulan seminar ini,  Wajah Baru Harapan Baru diresmikan dan dicanangkan secara langsung dr. Harsono selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur melalui penandatanganan Prasasti Program Wajah Baru Harapan Baru. Selain itu, RS Paru Jember akan disiapkan sebagai RS Rujukan Jawa Timur Bagian Timur.(18/07/2016)

 

 

Berita Lainnya

KAWASAN ZONA INTEGRITAS

  ...

Lepas Pisah Direktur Rumah Sakit Paru Jember dr. N...

Lepas Pisah dan Serah Terima Jabatan Direktur Rumah Sakit Paru Jember Pada tanggal 27 mei 2020, bertempat di Aula RS Paru Jember yang dihadiri perwakilan pejabat pengelola Rumah Sakit Paru Jember, ...

LOMBA VIDEO (Media Kesehatan) 2020

Ayooo,,GRATIS ni...hadiah Jutaan Rupiah... Ayo sahabat hebat... kami tunggu karya kreatifnya dalam Lomba Media Kesehatan "Video TBC" memperingati Hari TB Sedunia 24 Maret 2020, RS Paru ...

RSP Jember Menorehkan Prestasi di The 1st Annual A...

Sebagai wujud sumbangsih pendidikan dalam era globalisasi di bidang kesehatan, mahasiswa program studi S-2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas ...