Sebagai wujud sumbangsih pendidikan dalam era globalisasi di bidang kesehatan, mahasiswa program studi S-2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, menyelenggarakan seminar internasional di The Square Ballroom, Sabtu (13/8). Seminar internasional ini dihadiri oleh pemangku kebijakan, peneliti, pimpinan rumah sakit, klinik, maupun puskesmas. Seminar internasional bertema “Assuring Healthcare Quality in Indonesia’s Universal Health Coverage Era through Effective and Efficient Use of High Technology” dibuka oleh Wakil Rektor I Prof. Djoko Santoso.
Benny Anggarbito, drg., selaku ketua panitia mengatakan, seminar ini merupakan program tahunan prodi S-2 AKK. Tahun ini, panitia mendatangkan pembicara dari luar negeri untuk berbagi ilmu. Seminar ini digagas oleh gabungan mahasiswa dari tiga peminatan yaitu MARS (manajemen rumah sakit), MPK (manajemen pelayanan kesehatan) dan MK (manajemen kesehatan). Tujuan penyelenggaraan seminar ini adalah mendiskusikan konsep jaminan kesehatan nasional mengenai UHC yang diterapkan pada tahun 2019 mendatang.
Ada tiga pembicara yang hadir yakni Prof. Dr. Iekhsan Oetman (Dekan Fakultas Perobatan, Universitas Monash, Malaysia), Dr. Yot Teerawattananon, Ph. D (birokrat Kementerian Kesehatan Masyarakat, Thailand), dan Widodo J.P., dr., Ph.D ( dosen FKM UNAIR). Dalam kesempatan tersebut, Yot berbagi informasi mengenai konsep UHC, dan penerapan HTA secara efisien dan efektif di Thailand. Yot juga berharap, Indonesia bisa segera menerapkan kebijakan HTA.
Dalam seminar ini juga diadakan lomba poster ilmiah dengan mengusung tema yang sama. RSP Jember turut berpartisipasi dalam kompetisi ini dan mengirimkan 2 poster ilmiah. Kedua poster ilmiah ini turut dipresentasikan di dalam acara seminar dan berhasil meraih Juara 1 atas nama Zetiawan Trisno, S.KM dengan judul “The Impact of The Implementation of HoT (Hospital on Tablet) towards Patient Safety, Index of Community Satisfaction, and Income of RS Paru Jember in JKN Era”, dan Juara 2 atas nama Andi Rachmad Hidayatullah, S.KM dengan judul “The Impact of The Application Strategy of Mobile Digital Radiography (mDR) towards The Tb Case Finding Optimalization in Pakusari Sub-District, Jember”.
Prestasi ini disambut dengan antusias oleh Kepala RSP Jember, dr. IGN Arya Sidemen, SE, M.PH. Beliau berharap selain mampu memberikan pelayanan medis yang berkualitas, RSP Jember juga harus turut serta dalam menyumbangkan pemikiran dan kegiatan yang berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.(22/08/2016)

 

Berita Lainnya

KAWASAN ZONA INTEGRITAS

  ...

Lepas Pisah Direktur Rumah Sakit Paru Jember dr. N...

Lepas Pisah dan Serah Terima Jabatan Direktur Rumah Sakit Paru Jember Pada tanggal 27 mei 2020, bertempat di Aula RS Paru Jember yang dihadiri perwakilan pejabat pengelola Rumah Sakit Paru Jember, ...

LOMBA VIDEO (Media Kesehatan) 2020

Ayooo,,GRATIS ni...hadiah Jutaan Rupiah... Ayo sahabat hebat... kami tunggu karya kreatifnya dalam Lomba Media Kesehatan "Video TBC" memperingati Hari TB Sedunia 24 Maret 2020, RS Paru ...

Musyawarah Masyarakat Kecamatan Pakusari

  Program Pakusari Merdeka Tb kini memasuki babak baru. Setelah berinisiatif menyelenggarakan program PeKa Tb (Pengelola Kasus Tb), yang sebelumnya disebut PMO-BLT (Pengawas Menelan Obat & ...